Let’s Go Thrift Shop!



Berburu barang-barang bekas emang susah-susah gampang, butuh kesabaran, ketelitian, serta kemampuan menawar tingkat tinggi, ya namanya mau dapetin sesuatu emang butuh usaha, jadian aja butuh pedekate berminggu-minggu kan hahaha. Jadi gimana udah siap belum berburu barang bekas bareng Zetizen? Di Jakarta sendiri ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk thrift shop haul, simak yuk!
Pasar Baru

Pasar yang dahulunya bernama Passer Baroe ini terletak di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. di dalam pasar yang masih berdiri sejak tahun 1820 terdapat enam kawasan utama, yaitu Metro Pasar Baru, Metro Atom, Harco Pasar Baru, Pasar Baru, Istana Pasar Baru, dan kawasan Pintu Air. Dengan banyaknya pertokoan yang saling berdampingan kita bisa menemukan apa saja di Pasar Baru terlebih lagi saat masuk ke Metro Atom, tepatnya di lantai 3 rasanya seperti surga pakaian bekas. Berbagai jenis pakaian dari mulai jas, dress, kaos, celana, topi, jaket semua dibanderol dari harga 10.000 hingga 150.000. Menyebrang sedikit ke Harco Pasar Baru tepatnya di lantai 2 kamu bakal nemuin berbagai jenis kamera bekas dari mulai analog hingga yang terkini semua ada. Tempat belanja yang bersih serta lengkap dengan pendingin ruangan bikin kamu nggak usah takut bakal kegerahan dan ngerasa nggak nyaman. Totally recommend!

Pasar Senen
Pasar yang letaknya nggak jauh dari stasiun senen ini emang udah nggak asing lagi, karena udah dibangun sejak tahun 1735. Nggak hanya jadi tempat jual beli, pada era pendudukan Jepang pasar yang satu ini sempat menjadi tempat nongkrong para seniman Indonesia juga seperti HB Yasin, Ajip Rosidi, Sukarno M.Noor. Namun, setelah peristiwa kerusuhan massal tahun 1998 terjadi pasar ini seakan mulai ditinggalkan, baru-baru ini pada 19 Januari 2017 Pasar Senen juga mengalami kebakaran hebat hal ini bikin pasar senen yang lama akhirnya dihancurkan dan seluruh pedagang pindah nggak jauh dari lokasi sebelumnya, tepatnya di Pusat Grosir Senen Jaya. Meskipun namanya pusat grosir, nggak usah khawatir hanya menjual barang grosiran karena para pedagang baju bekas pindah kesini semua, tepatnya di lantai 2 gedung lama. Meskipun nggak senyaman Metro Atom yang dilengkapi pendingin ruangan, belanja di sini tetep worth it kok, kamu bisa nemuin kaus dengan harga 5000 saja, tas-tas bermerk dengan harga 20.000, atau blazer keren 20.000an, kalau kamu rajin ngubek-ngubeknya nggak jarang kok kamu bakal nemuin merek-merek ternama seperti Uniqlo, Zara, Champion. Pokoknya kamu harus siapin jurus menawar deh kalau di Pasar yang satu ini.
Blok M Square

Blok M Square? Bukannya itu Mall biasa ya? Eits, jangan salah! Tempat yang nggak jauh dari terminal Blok M di Jakarta Selatan ini ternyata memiliki lantai Basement yang menyimpan banyak barang-barang bekas keren seperti buku-buku komik, buku novel, buku pelajaran, kaset, CD. Kalau kamu suka baca komik, ini surga dunianya kamu deh, berbagai komik dari mulai Conan, Doraemon, sampai Crayon Sinchan dari seri-seri awalnya lengkap disini, semua dibanderol dengan harga 5000 saja, (Pssst, kalau kamu belinya banyak bisa dikasih kurang lho), buku novel juga ada dari harga 10.000, kalau kaset sendiri kaset-kaset jadul yang sekarang udah nggak produksi kira-kira berharga 15.000an aja. Tempatnya yang nyaman dan berpendingin ruangan emang paling pas deh buat hauling barang koleksi.

Pasar Poncol
Nggak jauh dari Pasar Senen tepatnya di samping stasiun kereta api Senen, Jakarta Pusat kamu bakal nemuin pasar barang bekas yang benar-benar lengkap, semua hal bisa kamu temuin dari mulai kaset-kaset lawas, koper tua, kipas angin, sampai baju lengkap disini harga-harga bajunya dari mulai 5000 itu kaos-kaos dan 15.000 untuk kemeja lucu. Lengkapnya barang-barang bekas di pasar poncol ini cocok buat kamu yang mau nyari segala macam barang, namun larena letaknya yang berada di dalam gang dan dilalui banyak kendaraan, buat belanja di Pasar ini kamu harus hati-hati perhatikan jalan kamu supaya nggak ketabrak motor.

(Naskah terbit di koran Jawa Pos pada tanggal 17 November 2017)





Comments